JAC School dan Yong Chun Chinese Language Center telah menjadi mitra selama bertahun-tahun. Pada tanggal 7 Februari, pada awal tahun tikus, perayaan tahun baru yang dibuat bersama oleh JAC School dan Yong Chun diadakan di JAC. Ini adalah hasil yang bermanfaat dari bentuk kerjasama yang terjalin.

Kegiatan ini dibagi menjadi kelompok TK, kelompok kelas I, kelompok kelas II dan III, kelompok kelas IV, V dan VI, serta kelompok SMP dan SMA. Kegiatan tiap kelompok berbeda-beda.

Kegiatan utama kelompok TK adalah menghias lentera. Yong Chun Chinese Language Center menyediakan banyak lentera setengah jadi, serta berbagai bahan yang dapat di dekorasi dengan lentera, termasuk lem, cat, kuas, bola warna-warni, pita emas, dan berbagai kelopak bunga. Permainan seru pun dimulai, anak-anak yang energik dan masih muda, namun mereka semua tampak enggan mengaku kalah. Beberapa menghias dengan goresan tinta, membentuk gambar langit berbintang, beberapa menggambar ikan, beberapa menggambar kupu-kupu terbang, dan beberapa bahkan menandatangani nama mereka sendiri dengan goresan pena dan tinta. Setiap nama, setiap wajah yang tersenyum, setiap hati yang penuh gairah menceritakan imajinasi dan semangat anak-anak untuk mencintai kehidupan.
Lentera sudah siap, mari kita lihat!
Lentera ini memberitahu kita bahwa musim semi ada di sini, dan lentera itu tersenyum untuk menunjukkan kehangatan musim panas. Yang pertama menampilkan pesona musim gugur, dan yang lainnya membisikkan bagaimana musim dingin kita, ini adalah lautan lentera , dan ini adalah dunia sukacita! Teman-teman sekelas melihat hasil mereka, pandangan mereka sangat gembira, dan mereka tertawa bersama.

Langkah selanjutnya adalah pemasangan lampion, anak-anak ingin memasang lampion mereka pada posisi yang paling mencolok di dalam kelas. Pada akhirnya, juri menilai penghargaan yang sesuai, anak-anak dengan penghargaan juara 2 sangat bersemangat, dan anak-anak dengan penghargaan juara 1 menari gembira.

Anak-anak di kelompok kelas satu melakukan kompetisi bait. Mereka menggunakan kertas merah yang sudah disiapkan sebagai warna latar belakang dan kertas kuning sebagai bahan “tulisan”. Mereka menggunakan gunting untuk memotong karakter Mandarin, dan dengan hati-hati merekatkan karakter emas besar ke kertas merah. Setelah bait selesai, lanjut ke tugas memposting. Anak-anak perlu bekerja sama untuk menempelkan bait yang mereka buat sendiri ke pintu atau tempat lain. Melihat ciptaan mereka, kebahagiaan meluap di wajah mereka yang belum dewasa. Saat menerima hadiah, mereka memegang hadiah dan berfoto bersama karya mereka.

Kegiatan kelas II dan III adalah membuat lampion. Berbeda dengan kegiatan anak TK, anak TK perlu menghias lampion dengan berbagai warna, sedangkan siswa kelas II dan III perlu membuat segala macam lampion dengan kertas merah yang sudah disiapkan. Pekerjaan individu yang memuaskan. Hasil akhir penghargaan juga membuat anak-anak bersemangat, dengan after taste yang cukup lama.

Hal yang paling berkesan untuk waktu yang lama adalah kompetisi membuat pangsit di kelas V dan VI. Pertama, Guru Mandarin Liang dari Pusat Bahasa Tionghoa Yong Chun Chinese Language Center menjelaskan “Kisah Pangsit” kepada para siswa dengan Mandarin yang fasih. Anak-anak dengan cepat memahami sumber dan arti kue. Selanjutnya, setiap orang menggunakan bahan-bahan yang telah disiapkan sebelumnya, termasuk daging, sayuran, bumbu-bumbu, untuk membuat pangsit. Guru Liang dan para petugas, pertama-tama mendemonstrasikan poin-poin utama membuat siomay dan mengajari semua orang cara membuat siomay yang kuat dan penuh dengan makna.

Kontes membuat pangsit dimulai. Beberapa anak-anak memimpin dalam kecepatan, beberapa sangat baik dalam kualitas, beberapa pangsit seperti pria berperut buncit, beberapa pangsit seperti wanita langsing, dan beberapa menggunakan dua kulit pangsit untuk disatukan. Lomba masak pangsit sudah dimulai, guru mendemonstrasikan cara merebus air, waktu memasak pangsit, dan cara menguasai panas. Air dalam panci mendidih, anak-anak pun bersemangat, dan suasana saat ini juga membara untuk menyaksikan pangsit panas melayang ke permukaan, dan bisa segera disantap bersama.

Siswa SMP dan SMA berpartisipasi dalam kompetisi menyanyi dan turun ke lapangan untuk menjual hasil kerajinan mereka sendiri, yang sangat menguntungkan.

Yang patut disyukuri adalah acara Yong Chun Chinese Language Center ini juga menghadirkan pertunjukan barongsai yang mengusung gaya Tionghoa kental dalam kegiatan sekolah tersebut. Saat barongsai melompat kegirangan, anak-anak bergegas memasukkan amplop merah yang mereka siapkan ke dalam mulut Barongsai. Barongsai  juga “memakan” amplop merah dengan sukarela, tampil penuh semangat, melompat-lompat, menggelengkan kepala dan ekornya, seperti manusia hidup, mendorong aktivitas menuju puncak.

Kerjasama ini telah menjadi arus utama dunia. Perayaan kerjasama antara JAC School dan Yong Chun Chinese Language Center memungkinkan setiap anak untuk mendapatkan kemampuan, pengalaman, dan pertumbuhan para siswa. Kami memiliki alasan untuk berharap bahwa kerjasama masa depan antara Yong Chun Chinese Language Center dan banyak sekolah akan lebih harmonis dan cemerlang.

 

 

_________________________________________________________

JAC学校与永春汉语中心是多年的合作伙伴,鼠年伊始的2月7日,JAC学校与永春联手打造的新年庆祝活动在JAC隆重举行,这是合作共赢结出的丰硕成果。

这次活动分为幼儿园组、一年级组、二三年级组、四五六年级组和初高中组。每个组的活动不同,八仙过海各显神通,精彩纷呈。

幼儿园组的主要活动是装饰灯笼。永春汉语中心提供了很多灯笼的半成品,也提供了可以装饰灯笼的各种材料,包括了胶水、涂料、画笔、彩色球、金丝带、各种花瓣等。精彩的比赛开始了,劲头十足的孩子们年龄虽小,但是似乎个个不服输。有的泼墨挥毫,有的点缀星空,有的鱼翔浅底,有的梅开二度,有的蝴蝶翩飞,甚至有的签上自己的名字……一笔笔墨香,一粒粒球韵,一个个名字,一张张笑脸,一颗颗热血高涨的心……诉说着孩子们的想象力和热爱生活的激情。灯笼做好了,看!这个灯笼告诉我们春天来了,那个灯笼微笑着示意夏天的热烈,前面一个再现了秋的韵致,后面一个耳语我们冬天的凝重……这里是灯笼的海洋,这里是欢乐的世界!同学们看着自己的成果,喜上眉梢,忍俊不禁。

接下来就是安装灯笼,孩子们蠢蠢欲动地想把自己的灯笼装在教室最显眼的位置,甭提多开心了。最后评委们评出了相应奖项,奖项低的孩子们也是兴奋有余,奖项高的小朋友更是手舞足蹈。

一年级组的孩子们进行做对联比赛。他们用之前准备好的红纸作底色,黄色的纸作为“写字”的材料,用剪刀剪出一个个中文字型,用胶水小心翼翼地把金色大字粘在红纸上,对联便赫然在目。对联做好以后,就是张贴工作了,孩子们需要通过互相合作才能把自己亲手做的对联贴到门旁或者其他地方,看着自己的创作成果,幸福洋溢在他们稚嫩的脸上。当他们领到自己的奖品时,纷纷手捧奖品和自己的作品合影留念。

二三年级的活动是做灯笼。和幼儿园的孩子活动不同,幼儿园小朋友需要把灯笼装饰得多姿多彩,而二三年级的同学需要用准备好的红纸制作各式各样的灯笼,这需要孩子们精心设计,细心操作,才能做出自己满意的作品。最终的评奖结果也是让孩子们兴奋不已,余味悠长。

最让人久久难忘的是五六年级的包饺子比赛。首先请永春汉语中心的中国外派侍从亮老师声情并茂地为同学们讲解“饺子的故事”,孩子们很快就了解了饺子的来源和寓意。接下来大家用事先准备好的食材,包括肉、蔬菜、佐料和调料等,开始制作饺子。侍从亮老师首先示范,说出包饺子的要点,教大家如何包出既结实又很有“内涵”的饺子。

一声令下,包饺子比赛开始了。孩子们有的在速度上领先,有的在质量上过硬;有的饺子像大肚汉,有的饺子像苗条女,也有的用两个饺皮合体,一只白色大螃蟹诞生了,还有的包得越来越小,分明是饺子的亲戚馄饨呀。煮饺子比赛开始啦,老师示范了如何烧水,何时饺子下锅,怎么掌握火候。锅里的水沸腾了,小朋友们沸腾了,此时此刻的气氛也沸腾了!看着热腾腾的饺子漂向水面,也似乎漂在每个同学的嘴边,漂在他们的心里!

初中组和高中组的大同学分别进行了歌唱比赛和走上街头卖他们自己制作的手工艺品的实践活动,收获颇丰。

难能可贵的是,这次活动永春汉语中心还请来了舞狮表演,给学校的活动带来了浓浓的中国风。随着狮子欢腾跳跃,孩子们把自己准备好的红包争先恐后塞到狮子嘴里,狮子也甘之如饴地“吃”着红包,表演得甚是带劲,上蹿下跳,摇头摆尾,栩栩如生,把活动推向高潮!

合作共赢悄然成为世界的主流。JAC学校和永春的合作庆祝活动,让每个孩子收获能力,收获心得,收获成长!我们有理由期待永春汉语中心和众多学校未来的合作更和谐更出彩!

永春汉语中心 供稿